Sabtu, 27 September 2014

" Sudah Pantaskah Aku.. ? "

Memantaskan diri. yup. aku mencoba untuk memantaskan diri untuk meraih apa yang aku inginkan. aku ingin memiliki lelaki yang baik. sudah sepantasnnya aku intropeksi diri, sudah pantaskah aku termasuk orang yang baik ?. aku ingin memiliki suami yang sholeh. rajin beribadah pada Allah SWT. Sudah pantaskah aku ?,  untuk mendapatkan-nya ? .

Merenung sejenak. ada betulnya juga. dan bisa dipastikan benar juga. apa yang aku pikirkan . yang baik akan mendapatkan yang baik pula. begitu pun sebaliknya.

mengingat masa sebelumnya. ketika aku memiliki pacar. tiga kali pacaran. lelaki yang aku dapatkan. yang mencintaiku . sama persis apa yang telah aku lakukan dalam ke-sehari-harianku. aku sadari semua itu. memang belum pantas aku ini, untuk memiliki lelaki yang lebih baik lagi.

Rahasia semesta. Rahasia Tuhan. Apa yang aku pikirkan. apa yang aku lakukan. apa yang aku katakan. itu-lah yang akan terjadi padaku. dan aku harus mensyukurinya. karena itu yang sebenarnya yang aku mau,  meskipun aku masih merasa, sepertinya bukan itu yang aku mau. tapi aku harus percaya. aku beribadah Pada-Nya. Aku bersujud pada-Nya. jadi sekali lagi aku harus percaya Bahwa Tuhan Maha Adil dan Maha Tahu Segalanya. Mengetahui, apa yang pernah aku lakukan dan apa yang pernah aku pikirkan.

sudah waktunya aku memantaskan diri. mau kapan lagi. kenapa aku harus menunggu untuk menjadi lebih baik dan mendapatkan yang lebih baik pula. ini juga untuk kebaikanku sendiri. kebaikan masa depanku sendiri. sekali lagi kenapa aku harus menunggu. lebih cepat lebih baik kan ?. 

apa yang harus aku pantaskan terlebih dahulu. apa yang pertama kali orang melihatku. yup. aku sendiri. tubuhku sendiri. wajahku sendiri. cara aku berpakaian. cara aku melihat. cara aku tersenyum. sudah pantaskah ?. apa sudah terlihatkah ?, aku ini perempuan baik-baik. pantaskah laki-laki baik mendapatkan dengan cara aku berpakaian seperti ini. cara aku melihat atau cara aku tersenyum seperti ini. dan apakah sudah pantaskah ?.. untuk mendapatkan lelaki yang sholeh. lelaki yang aku inginkan. bahkan munkin banyak perempuan yang menginginkan.

kenapa tidak hati dulu atau sikap dulu yang harus aku perbaiki, yang harus aku pantaskan. Hati dan sikap akan mengikuti dengan sendirinya. bila aku sadar dan mengetahui apa yang sedang aku pakai, apa yang sedang aku lakukan dan tahu tujuannya apa, aku berpakaian atau berpenampilan seperti ini. Insyaallah hati dan sikap akan mengikuti dengan sendirinya, dan menjaganya. perlahan-lahan akan menjadi kebiasaan yang baik mengikuti apa yang kita pakai sesuatu yang baik pula. Mulai dari hal kecil dan akan menjadi sesuatu hal yang besar, bila itu menjadi kebiasaan.  kebiasaan yang baik. tentunya baik dimata Tuhan.

Yang kedua. Ibadah atau amal baik. Yup. ibadah pada Tuhan. Seberapa jauh aku mempelajari agama yang aku percaya. seberapa dekat aku mencintai Tuhanku. dan apa saja niat beserta tindakan amal baikku pada Tuhan maupun orang lain atau pada sesama makhluk hidup.

Ibadah pada Tuhan. Apa saja kah ?, yang pernah aku kerjakan, sudahkah aku menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan. dan sudah pantaskah aku mendapatkan pasangan yang sholeh. pernahkah,  aku melaksanakan kewajiban yang diperintahkan Tuhan. seberapa banyak kah aku pernah melakukan sunnah-Nya.

Amal baik . Orang Tua. apa yang pernah aku lakukan pada Orang Tuaku. Sudah pantaskah bahwa aku sudah berbakti pada Orangtuaku. seberapa cinta, cintaku pada Orangtuaku. Apa aku pernah melakukan hal yang sama. sama dengan apa yang orang tuaku memperlakukan padaku, baik disaat aku kecil maupun diwaktu aku sudah dewasa. sudah pantaskah ?. aku adalah anak perempuan yang baik. terutama baik pada Orangtuaku. Selain orangtua. bagaimana sikapku pada saudara-saudaraku, pada tetangga-tetanggaku, pada teman-temanku, serta pada orang lain yang belum aku kenal. sudah pantaskah. aku untuk dicintai dan disayang oleh orang terdekatku maupun orang yang belum aku kenal.

Ter-akhir. Seberapa besarkah ?. aku berusaha untuk memantaskan diri. seberapa sering kah ?, aku mencoba untuk memantaskan Diri. sudah pantaskah ?. sudah menjadi lebih baik-kah ? . bila aku masih ragu. aku kan mencoba terus untuk berusaha Memantaskan Diri. Sudah pantaskah aku ?, memiliki apa yang aku inginkan. Sudah pantaskah aku ?, memiliki pasangan yang baik, lelaki sholeh. lelaki baik. baik dimata Tuhan.


Kini. Aku sudah Menikah.
Apa yang aku inginkan. Memang tidak sama persis apa yang aku impikan. Tapi yang aku dapatkan hampir mendekati apa yang aku inginkan.

Aku masih percaya meskipun itu yang aku dapatkan. Karena aku masih percaya Tuhan Maha Adil dan Maha Tahu apa yang pernah aku coba  berusaha Memantaskan diri. Sekali lagi.  Bukan aku sendiri yang lebih tahu, Tapi Tuhan.

Disaat aku ingin lebih tahu rahasia Tuhan. Yang baik akan mendapatkan yang baik pula. begitupun sebaliknya.

Aku bertanya pada suamiku. Dan suamiku menceritakan padaku. Sebelum dia melamar dan menikahiku. dia pun berusaha untuk memantaskan diri. agar dia mendapatkan perempuan sholehah. perempuan yang baik. baik dimata Tuhan. Waktu itu pula. aku ternganga. Tuhan Benar-benar Adil. dan Aku terharu mendengar cerita dari Suamiku.  Apa pantaskah aku menjadi Perempuan Sholehah.  yup. menurut suamiku aku salah satu perempuan sholehah.  Amin. Semoga iya.  meskipun hanya Tuhan yang tahu, seperti apa  perempuan yang sholehah itu.



Sudah Pantaskah Aku ? . ... Sudah Pantaskah Kamu .. ? .





Selesai ....



Penulis
I'Pen (Idrus Cerpen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar