Kamis, 13 Agustus 2015

" Aku Perempuan Ndut "

Siapa sih, perempuan yang menginginkan body besar, alias GENDUT. tidak ada seorang pun yang menginginkan seperti itu. semuanya pasti menginginkan body yang ideal. Body yang disukai banyak orang.

Apa yang menyababkan perempuan berbody gendut ? . banyak hal yang membuat itu terjadi pada perempuan. ada yang bilang karena keturunan. ada yang bilang karena banyak makan atau pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. dan ada pula, karena sejak lahir sudah gendut.

-------------------

Aku adalah termasuk salah satu perempuan Ndut. Body-ku gendut, bukan karena keturunan, bukan pula karena sejak lahir aku sudah gendut. tapi yang membuatku gendut adalah, karena pola makan yang tidak sehat dan teratur.

Dari kecil, banyak makanan yang aku makan, karena banyak makanan yang aku suka. entah dari mana datangnya rasa itu. ya.. yang aku rasakan enak. ya aku makan saja. aku tidak pernah memikirkan apa yang dikatakan orang. apakah makanan itu sehat ataukah aku terlalu berlebihan makan. mungkin waktu itu, aku masih kecil, belum mengerti tentang pola makan yang baik. meskipun ada orang yang memberitahukan-nya. aku tetap saja tidak peduli.

Apa mungkin karena pengaruh Vitamin nafsu makan yang sudah diberikan orangtuaku. aku tidak tahu itu. apa yang aku rasakan. ya aku lakukan saja. Apa yang aku rasakan enak. ya aku makan saja. tidak pernah berpikir aku sudah makan atau belum. dan ketika aku makan. perutku tidak pernah bicara, bahwa perutku sudah penuh atau belum. yang pasti ketika aku makan, ya karena aku merasakan belum terlalu kenyang.

-------------------

Sampai Aku sudah SMP pun. Aku masih Hobbi makan. Pola makanku masih berantakan. aku bisa makan atau ngemil kapan saja. selagi aku masih mau, dan makanan itu bisa aku dapatkan. aku makan saja. Ibuku, saudara-saudaraku pernah mengingatkanku, tapi aku hanya mendengarkan saja, tapi tidak memperdulikan kata-katanya.

Waktu itu, Aku pikir- apa salahnya sih menjadi perempuan Ndut. Yang penting sehat. dan teman-temanku pula tidak masalah. Aku perhatiin juga. banyak pula teman-teman sekolah pria menyukaiku.

-------------------

SMA. Aku masih menjadi perempuan Ndut. bahkan lebih gendut dari sebelumnya. aku masih menikamtinya. aku belum merasakan minder. aku masih tetap PD untuk menjalani hidup sebagai perempuan Ndut. Yang penting aku masih bisa makan yang aku mau dan yang aku suka.

Aku bisa bercanda dengan teman-temanku. aku pula masih bisa dekat dengan pria-pria disekolah. bahkan banyak pula pria yang ingin mendekatiku.

Selama aku di SMA. aku pernah pacaran lima kali. yang perempuan berbody ideal saja kalah denganku. heeehee...
Dan Pria yang aku pacari, tidak begitu jelek. Semua pria yang aku pacari, Menurutku semuanya tampan. bahkan teman perempuanku iri padaku. " Kok bisa ya .. ? " .

-------------------

Di waktu Kuliah. Aku pun masih belum berubah. aku masih menjadi perempuan Ndut. dan tetap masih menikmatinya.

Pergaulanku semakin luas dan banyak teman. Meskipun aku ber-Body gendut. tapi masih banyak pula pria ditempat kuliahku, yang mencoba mendekatiku.

Hingga aku lulus kuliah. ternyata selama kuliah. aku sudah berpacaran sebanyak empat kali. wow..

Ini menandakan Perempuan Gendut, masih banyak pria yang menyukainya. 

-------------------

Jakarta. tempat-ku berkerja. aku masih menjadi perempuan Ndut. aku perempuan yang mudah bergaul. terutama dengan pria. aku merasa nyaman berteman dengan pria. bercanda dan meskipun saling mem-bully. tapi kami tidak merasakan rasa sakit atau pun marah. itulah yang membuatku cepat akrab dengan pria. aku agresif dan bersikap hangat pada semua orang. mungkin itu salah satunya yang membuat orang ingin berteman denganku. khususnya pria. 

Setelah berkerja 5 bulan. aku sudah mempunyai kenalan pria dari Facebook. dan ketika kami sudah saling mengenal, saling merasa dekat. akhirnya kami bertemu. dan setelah pertemuan pertama itu. pertemuan selanjutnya. dia mengatakan cinta padaku. ya aku pun menerimanya. karena aku merasa dia mau menerimaku apa adanya.

Kami pacaran. makan di mall. nonton di bioskop. main ke pantai. selama Empat bulan kami pacaran seperti itu. namun akhirnya, entah kenapa dia berubah. sikapnya menjadi Cuex. suka menghilang. dan sulit untuk dihubungi. dan tiba-tiba dia kirim pesan padaku (SMS). " Maaf ya sayang. sepertinya hubungan kita tidak bisa dilanjutkan lagi. aku sudah mulai merasa tidak cocok sama kamu... " .

Aku tunggu-tunggu kabar dari dia. Ehh.. Tau-taunya dapat kabar dari dia seperti itu. itu benar-benar sangat menyakitkan buatku. karena aku penasaran dengan keputusan-nya. aku coba telepon dia. tapi saat aku hubungi dia. nomor teleponnya sudah tidak aktif lagi. " DASAR COWOK " .

--------------


Entah kenapa. saat kejadian itu. aku sungguh merasakan sakit hati yang berbeda. tidak biasanya aku seperti ini. sebelumnya- meskipun sering diputusin sama COWOK. aku tidak terlalu memikirkan hal itu. biasanya aku masih bisa menikmati menjalani hidupku (MOVE ON).

Namun sekarang. hatiku sangat berbeda. seakan aku tidak mau menerima keadaanku seperti itu.

Apa mungkin karena aku sudah terlalu sering diputusin dan disakitin sama cowok seperti itu. aku sempat bertanya pada diriku sendiri. dan mengingat masa-masa laluku. " mengapa semua cowok yang menjadi pacarku. memperlakukan aku seperti ini ? apa salahku ? . selama pacaran, aku masih bersikap baik pada mereka . Apakah selama ini mereka menyukaiku, mencintaiku, itu hanya bohong belaka. hanya berpura-pura saja ? (hanya modus) " .

Atau mungkin karena usiaku semakin lama semakin bertambah. jadi emosiku pun semakin meningkat. (Gampang Marah) .


------------

Sekarang usiaku sudah 27 lebih. mungkin teman-teman sekolahku, hampir semua sudah pada menikah.

Aku mempunyai keinginanku untuk menikah. Jadi aku mencoba untuk tidak asal memilih pria yang sedang mendekatiku. dan aku pun mencoba untuk merubah sikapku pada pria-pria yang mendekatiku. atau pun bila nanti pacaran. aku sudah berniat untuk merubah gaya pacaranku. aku hanya ingin tahu. adakah pria yang benar-benar menerimaku apa adanya.

Dulu aku sangat Agresif dan hangat pada teman-teman priaku. bukan agresif hanya dengan kata-kata saja. tapi aku pun agresif dengan fisik. misalnya cara bercandaku- suka pegang-pegang tangan/badan. suka berdempet-dempetan body. mungkin itu salah satunya pria yang ingin menjadi pacarku. atau menjadi teman mesraku. karena mungkin pria lebih sering merasakan nafsu saja. dibandingan dengan cinta. dan mungkin pula. meskipun aku gendut. tapi bodyku tinggi. berkulit putih. jadi bila aku berpakaian sedikt terbuka. jadi terlihat sexy dimata pria.

Bisa jadi. ini pula karena sikapku. cara berpakaianku. yang membuat pria menilaiku sebagai perempuan yang mudah / gampangan. 

Karena itu pula. sekarang dari cara berpakaian dan sikapku yang hangat itu. aku mencoba untuk merubahnya. meskipun aku tidak berhijab. tapi sekarang aku lebih memilih pakaian yang tertutup. tidak seperti sebelumnya. dan akhirnya semakin lama aku seperti itu. ya teman-temanku merasakan perubahanku itu.

perubahanku. membuat pertemananku berubah. ya karena aku sekarang sudah bisa menghindar dari sikap pria yang ingin mencolek atau melakukan seperti sebelumnya.

hasilnya. cowok yang mencoba mendekatiku. sekarang sudah mulai berkurang. namun tetap saja masih ada yang merayuku atau menggodaku. dan ada pula yang masih bersikap baik padaku.

--------------

Sangat sulit sekali untuk merubah kebiasaan hidupku ini. tapi aku tetap mencoba untuk melakukannya.

Ada teman SMA. yang sedang berkerja dijakarta pula. mengingat waktu sekolah. dia pria yang rajin belajar dan ibadah sholatnya pun aku sering melihatnya.

Karena dia sering menghubungiku ditelepon. sering bercanda dan berbagi cerita. akhirnya kami bertemu. dan tidak lama kemudian. dia mengungkapkan perasaan cintanya padaku.

aku merasa. selama ini dia masih bersikap sopan padaku. dia tidak macam-macam padaku. dan aku pun melihat latar belakang dia diwaktu sekolah. dia adalah pria yang baik dari teman-teman yang aku kenal. jadi aku menerima cintanya.  

--------------

Selama pacaran. bila dia memegang tanganku, merangkulku. aku masih bisa membiarkan-nya. tapi disaat dia ingin mencoba untuk menciumku. aku mencoba untuk menghindarnya.

Dia pernah mengajakku untuk nonton dibioskop. namun aku menolaknya. karena dari pengalamanku. aku sudah tahu betul pacaran di dalam bioskop itu. bukan cinta yang aku dapatkan. tapi hanya nafsu belaka. dan aku tidak ingin itu terulang kembali. aku lihat dia sedikit kecewa. tapi aku tetap membiarkan-nya. aku ingin tahu seberapa besar dia cintaku padaku. apakah dia masih suka padaku, dengan cara sikapku ini ? .

Ternyata benar apa yang sudah aku bayangkan. belum dua bulan kami pacaran. dia sudah memutuskanku. lagi-lagi dengan alasan- dia sudah tidak cocok lagi denganku. mungkin karena pengaruh dia sudah bergaul di jakarta. heheee.. yang aku anggap dia pria baik-baik. ternyata sama saja dengan pria yang pernah aku kenal. hanya nafsu saja " DASAR COWOK " .

-----------------

Menjadi perempuan Ndut. sebelumnya tidak pernah terbayangkan hidup akan seperti ini. yang awalnya menurutku itu tidak akan menjadi masalah dikehidupanku. tapi kini aku mulai merasakannya. 

Perempuan Gendut sepertiku. sangat sulit untuk dicintai oleh pria yang baik dan tulus. sangat sulit untuk mendapatkan pria tampan dan sulit  mendapatkan pria untuk menerimaku apa adanya.

Pria tampan atau pun pria standar. sama saja. mereka hanya menginginkanku karna nafsu dan mungkin hanya pelarian mereka saja. ketika mereka sudah mendapatkan perempuan yang ideal menurutnya. mereka akan memutuskanku. itu yang aku rasakan dan yang pernah aku alami. 

Dan pernah juga. Ketika aku mengajaknya untuk menikah. pria itu langsung mengutarakan berbagai alasan, supaya dia tidak menikah denganku. ya mereka hanya ingin berpacaran dan bersenang-senang saja denganku. apa yang seperti ini, nasib perempuan Gendut sepertiku.

Memang tidak semuanya pria seperti itu. apa yang terjadi padaku. mungkin sebagian besar. pria menilai perempuan. atau pria lebih tertarik pada perempuan yang tidak sepertiku. mereka lebih utama menilai perempuan dari Fisiknya, bukan dari Hatinya ataupun sifatnya. 

Bila begini jadinya. aku sangat menyesal. seharusnya dulu aku mengikuti, apa kata ibuku, apa kata saudara-saudaraku. makan yang berlebihan itu tidak baik. ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan saja. tapi baik pula, mungkin untuk kehidupanku kedepannya.

mungkin juga. bila aku mempunyai tubuh yang ideal. tidak gendut seperti ini. Mungkin ceritanya akan lain. dan aku pun mungkin bisa memilih pria tampan yang benar-benar aku suka.

karena sangat sulit sekali untuk mendapatkan pria yang aku suka. bila aku menjadi perempuan yang gendut seperti ini. yang ada hanya, aku sering dibohongi dan gampang digombalin.

--------------------

Diusiaku ke tiga puluh. aku pernah mendengar atau membaca kalimat " orang Yang baik, pasti dapat yang baik pula " .

Apakah aku tidak sebaik yang aku pikirkan. aku masih menjalankan ibadah sholat lima waktu. aku pun masih bersikap baik pada teman-temanku. aku masih suka berbagi pada orang yang membutuhkan. apakah aku masih belum cukup untuk menjadi orang baik. mengapa aku selalu mendapatkan pria yang menyakitiku ???. 

Setelah aku pelajari. baca buku tentang itu. dan tanya sana sini. orang baik dalam kalimat itu. ternyata baik dimata Tuhan. bukan baik dimata manusia.

Astagfirullah. Seberapa baik kita pada Tuhan. seberapa sering kita mengikuti cara Tuhan. Seberapa baik pada makhluk ciptaan Tuhan. maka seberapa baik pula, Tuhan akan mencintai kita dan seberapa baik pula, Makhluk ciptaan Tuhan, akan baik terhadap kita.  mungkin seperti itu. Maaf bila aku salah mengartikan-nya.

Ya karena itu. aku sadar. aku belum cukup baik dimata Tuhan. mungkin pantas juga aku mendapatkan kehidupanku seperti ini. karena Tuhan itu Maha Adil.

Cara makan saja. Tuhan sudah memberitahunya. mana yang baik dan mana yang tidak baik. cara berpakaian muslimah yang baik pula. Tuhan pun sudah memperjelaskan-nya. Cara bersikap pada Orang lain pun. seperti apa yang baik dan tidaknya. itu pun sudah Tuhan ingatkan pada Manusia. baik itu dari kitab Al-quran. dan buku. atau pula melalui manusia yang sudah mendalami ilmu agamanya. misalnya ustadz atau Ulama.

---------------
Aku merubah cara berpakainku dan cara sikapku pada orang lain. Apa yang aku lakukan ini. aku mulai merasakan kesepian. karena teman pria yang biasanya suka bercanda. sekarang sudah tidak sedekat dulu lagi. meskipun masih ada yang mau bicara padaku. tapi kehidupanku yang baru ini. sangat terasa berbeda. aku seperti baru terlahir kembali ke dunia ini.

Singkat cerita.

Setelah dua tahun menjadi perempuan Ndut dengan dunia yang baru. aku merasakan ini lebih baik dari yang aku rasakan. hidupku lebih tenang. meskipun teman-teman pria-ku tidak banyak seperti sebelumnya.

Meskipun terkadang aku merindukan masa-masa bersama mantan-mantan pacarku. tapi aku terus mencoba untuk melupkannya.

Sekarang aku merasakan kedamaian. dan orang lebih menghormatiku. lebih sopan dari sebelumnya.

Pergaulanku tidak seperti dulu lagi. tapi kesabaranku untuk mencoba memperbaiki diri pada Tuhan. Diusiaku yang ke tiga puluh empat. Alhamdulillah. Ada seorang pria yang ingin menikahiku.

Walaupun pria ini tidak setampan mantan-mantan pacarku. dan berbody kurus. tapi dia bisa mencintaiku dan menerimaku apa adanya. Kami menikah.

Aku merasakan kebahagiaan hidup bersama suamiku. setelah kami memiliki anak berumur tiga tahun. aku sakit. dan salah satu penyebab yang membuatku sakit adalah body-ku yang terlalu gendut.

Menurut Dokter. Aku termasuk Diabetes tipe 2. dan katanya- jika sudah kena penyakit ini, maka bisa menjalar untuk mengalami komplikasi penyakit yang lebih serius. Misalnya serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, hingga kerusakan saraf yang berujung amputasi.

Sungguh aku tidak tahu sebelumnya. ternyata Kegemukanku ini akan menjadi penyakit yang seserius ini.

Sekarang aku hanya bisa mencoba untuk menguruskan Badan semampuhku dan tetap berdo'a pada Tuhan. agar selalu diberikan kesehatan padaku . supaya aku bisa merawat anakku yang cantik ini dan aku masih bisa melihat anakku ini, hingga menjadi dewasa. dan aku tidak akan membiarkan anakku menjadi sepertiku.


-----------------

Bila ada yang mempunyai saudara atau anak yang masih  kecil. tidak ada salahnya kita mengingatkan dan menjelaskan pada mereka. sangat berarti sekali tentang "Pola Makan yang baik dikehidupan sehari-hari " . sebelum nanti menyesal dikemudian hari. atau nanti, ketika mereka sudah dewasa.

---------------------

Meskipun kita menjalankan ibadah sholat lima waktu. tapi sikap kita dan cara berpakaian kita. tidak mencerminkan sebagai muslimah yang baik - seperti yang diinginkan oleh Tuhan. sebagaimana yang diterangkan didalam Al-Quran.
" Tidak ada jaminan-nya. Hidup kita akan menjadi lebih baik " .

Bila sekarang kalian masih merasakan baik-baik saja. namun suatu saat nanti. sadar atau tidak sadar. Tuhan akan menjawab-nya.  Seperti yang sudah aku alami. bahkan mungkin bisa terjadi lebih dari kehidupanku. Itu adalah Rahasia Tuhan.
Semoga itu. tidak terjadi pada kita semua. Aamiin.


----------------------

Penulis
I'Pen (Idrus Cerpen)











    




 
    




  




 





  


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar