Selasa, 15 September 2015

" Awalnya Laut itu Cinta . Akhirnya Cinta itu .... ? "

Ya Laut itu Cinta. aku menyukai laut. ya awalnya karena cinta. bukan awalnya aku mencintai laut. namun awalnya aku mencintai seseorang yang pernah mengajakku dan sering pergi ke laut. Dia Jody. Dan dia adalah kekasihku.
Jody. ya dia hobinya suka berkeliling kota. terutama ke tempat yang ada hubungannya dengan laut. dia sangat menyukai laut. lumayan cukup banyak laut yang pernah dia kunjungi.

Sejak dia menjadi kekasihku. dia sering mengajakku ketempat-tempat pulau dikota lain. dan akhirnya aku pun mencintai hobynya.  sangat menyenangkan sekali suasana disekitar laut. anginnya yang segar.
udaranya yang membuatku adem ayem. bikin hati tenang. dan aku pun pernah diajak olehnya untuk menyelam ke dasar laut. itu sangat mengesankan sekali buatku. sebelumnya aku belum pernah melakukan itu.

Sebenarnya. emang dari kecil aku sudah suka berenang. makannya, ketika Jody mengajakku main ke laut. aku senang banget dengarnya. apalagi menyelam dengan pakaian selam. itu sangat luar biasa bagiku.
ya karena itu pula. dia sudah membuatku lebih senang dari biasanya. dan aku pun semakin mencintai-nya. sekali menyelam. aku ketagihan. hari-hari berikutnya. rasanya aku ingin mengulang kembali untuk menyelam.
------------

Pertama kali kenal Jody. ehmmm dimana ya .. oo iya aku kenal dia, di salah satu media sosial dunia maya.  Dunia penuh tanda tanya.???????....
Selama kurang lebih satu tahun, kami berkomunikasi hanya via BBM saja. dan karena aku sudah tahu dia suka jalan-jalan ketempat yang berhubungan dengan laut. dan waktu itu, kebetulan aku bersama teman-teman kerjaku sudah merencanakan hiburan-pergi ke pulau seribu- pulau Tidung. ya sekalian saja aku mengajak dia untuk bertemu dengannya disana. dan dia terlihat senang sekali membaca pesanku itu.

Pulau Tidung. atau konon-orang mengenalnya "Jembatan Cinta" .  Bila ada seseorang yang jomblo, berani melompat dari jembatan cinta itu. tidak lama lagi dia akan segera mendapatkan pacar/kekasih. dan bila ada sepasang kekasih, bersama-sama melompat dari jembatan itu, pasangan kekasih itu, hubungan-nya akan menjadi langgeng. ya percaya atau tidak. menurut sumber dari pemandu disana. banyak yang terjadi seperti itu.

Kalau aku sih. kurang begitu percaya soal begituan. ya mungkin bila itu ada yang sudah terjadi. mungkin itu hanya kebetulan saja.

Aku lihat dijembatan. memang banyak orang yang tertarik. terutama cowok. banyak pula yang berani melompat. ya termasuk Jody, dia pun berani melompat dari jembatan cinta itu. tapi aku sama sekali tidak berani dan berminat untuk melakukan itu. 
-----------

Minggu berikutnya. Jody Mengajakku untuk pergi ke pulau Harapan. namun kali ini hanya kami berdua. tanpa teman-teman kerja-ku.
aku tidak menyesal berkenalan dengannya. ternyata sikapnya sama persis apa yang pernah aku kenal didunia maya. Dia tampan. dia sopan dan dia masih bersikap perhatian padaku.

Setelah bertemu dengannya. dia lebih kocak dari biasanya. dia lebih sering membuatku tertawa dan membuatku malu didepannya.
entah apa yang aku rasakan waktu itu. aku merasakan kesenangan yang tidak biasa aku rasakan. kami berjalan berdua. terkadang berlari. hingga aku tidak begitu merasakan sakitnya ketika aku menginjak bulu babi. hehee...

Rasa lelah sesudah menyelam. hilang begitu saja. ya karena rasa senang dihatiku. dan ketika kami sedang makan. aku terkejut. karena dia menembakku- dia berkata padaku bahwa dia sedang jatuh cinta padaku dan menginginkan aku menjadi kekasihnya.
ya sebenarnnya, sebelum aku bertemu dengannya. dengan melihat photo dia dan perhatiannya padaku. meskipun itu hanya lewat kata-kata atau pesan. tapi aku sudah mulai menyukainya. jadi dengan senang hati, aku menerima  cintanya.  
-----------

Selama pacaran dengan-nya. aku sering dimanja olehnya. aku sering diberi hadiah, atau dia mengirim makanan kerumahku. dan bila jalan-jalan, aku sering ditraktir olehnya. dan dia pula sering mengajakku ke-pulau lain yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya. Pulau Weh, Aceh. Pulau Nias, Sumut dan Pulau Mentawi, Sumbar.

Karena sikapnya dia, perhatiannya dia. aku menjadi semakin mencintai dia. aku merasakan dia adalah lelaki yang sempurna bagiku. sesuatu hal yang aku suka, ada pada dirinya. rasanya aku ingin sekali cepat-cepat menikah dengan-nya. 
Setahun sudah kami pacaran. dan usiaku pun sudah mulai menuju kepala tiga. aku meminta padanya, agar dia cepat-cepat melamarku dan menikah denganku. namun ada saja alasan-nya untuk menolak. hingga aku pun marah padanya. pada sikap-nya itu. dan itu yang membuatku bertanya-tanya. apakah dia
pacaran denganku. hanya untuk bersenang-senang saja ?.

Ketika aku sedang ngambek padanya. atau marah padanya tentang dia menolak ajakanku itu. aku perhatikan dia, tidak terlalu meresponku. dia seperti seolah-olah tidak menganggapku sesuatu hal yang lebih penting. bila dia benar-benar mencintaiku. kenapa dia tidak berusaha untuk meyakinkanku, bahwa dia itu ingin sekali menikahiku. aku semakin curiga padanya. jangan-jangan sebenarnya dia itu tidak mencintaiku.
-------------
" Mas. sebenarnya kamu itu cinta tidak sama aku .. ? "
" ya, mas cinta sama kamu.. tapi tidak secepat ini kan.. ? "
" terus mas, maunya kapan .. ? "
" mas tidak tahu, mas belum kepikiran kesitu .. "
" Mas tahu kan, kita itu bukan anak kecil lagi.. "
" iya, mas tahu.. tapi mas belum siap untuk menikah sama kamu .. "
" apa sih mas, yang membuat mas ragu sama aku .. ? "
" maaf ya sayang, bukan-nya mas ragu sama kamu, tapi... "
" tapi kenapa mas ? .. "
" Mas sebenarnya sayang sama kamu, mas senang bisa jalan sama kamu .. tapi
mas benar-benar ga bisa nikahi kamu .. "
" ya tapi kenapa mas, kenapa ga bisa .. ? "
" Maaf ya Din (dini), sebelum kita jadian, sebenarnnya mas sudah punya pacar.. "
" apa mas, jadi selama ini mas .. ? "
" waktu aku kenal kamu. hubunganku sama pacarku sedang ada masalah, tapi
hubunganku dengannya sampai sekarang belum putus.."
" jadi mas cuma pura-pura cinta sama aku .. ?, mas tega ya sama aku .. "
" mas tidak bohong, waktu itu emang mas suka sama kamu. tapi minggu
kemarin, dia minta baikan sama mas. dan mas sudah janji padanya. kalau mas
ingin menikahi-nya .. "
" jadi mas lebih baik pilih dia, selama ini aku cuma pelampiasan mas aja
ya .. jahat banget sihh mas ... "
" maafin aku ya din, aku benar-benar minta maaf sama kamu.. "
" ............... "
"................ "

-----------------
Ketika cinta semakin tumbuh. ketika lelaki itu, aku anggap lelaki yang sempurna. namun akhirnya. bukan kebahagiaan yang aku dapatkan. tapi sebuah kekecewaan yang aku dapatkan.
-----------------

Apakah benar kata Teman. Lelaki didunia maya tidak ada yang benar. emang sih sebelumnya aku pernah malakukan itu. dan selalu gagal. selalu dikecewakan. mengapa aku tetap selalu percaya pada lelaki didunia maya. padahal sebelumnya, aku pernah berpengalaman. mungkin salah satunya karena perasaanku. ya mungkin karena cinta. cinta tidak bisa diarahkan begitu saja. rasa cinta tidak bisa direncanakan. cinta hadir tanpa diminta. dia akan datang dengan sendirinya. itu yang pernah aku alami. meskipun aku mencoba untuk menghindar dan tidak mudah percaya pada lelaki di dunia maya. namun tetap saja. ada saja lelaki yang membuatku jatuh cinta. dan aku tetap masih meyakini. lelaki didunia maya tidak semuanya seperti itu.
tidak hanya saja didunia maya. didunia nyata pun masih banyak lelaki yang seperti itu.  mungkin karena sudah kebiasaanku. bila aku tidak hadir didunia maya. rasanya, aku merasakan kesepian. dan sulit untuk meninggalkan-nya.
------------

Meskipun rasa sakitku masih ada dihati. namun aku tidak berlama-lama untuk menyendiri. aku selalu mencoba untuk melupakan kejadian itu. dan alhamdulillah, mungkin berkat teman-teman didunia maya juga. banyak yang ingin ngobrol denganku. berbagi cerita, bercanda dan sampai aku melupakan masa laluku itu.

Di Badoo.com . aku mempunyai kenalan baru. nama profilnya Indra. saat dia
menyapaku, aku jawab sekedarnya saja dan sesingkat mungkin.
" hy "
" ya "
" tgl dmn nih "
" Di Jaksel "
" oo ya dimananya tuh "
 
sebelum aku jawab. dia tanya lagi
" btw km sudh menikah atau belum nih ? "
aku hanya menjawab pertanyaan yang terakhir,
" belum "
" klu blh tau km aslinya drmana ? "
dan lagi-lagi. sebelum aku jawab. dia tanya lagi padaku,
" blh bagi pin bb nya atau whatsapp ? "
dan aku pun masih menjawab pertanyaan yang terakhir,
" 45b328d6 "
" thanks. aku add ya "

lalu aku tidak membalas pesannya itu.
---------------

Setelah aku confirm pin bbm dia. dia tidak langsung menyapaku. oo iya nama profile di BBM-nya " ID-PEN (Indra Cerpen) "
Waktu malam. jam 21.34 . dia menyapaku.
" mlm "
" mlam "
" apa kbr "
dan seperti biasa, sebelum aku jawab. dia bertanya lagi.
" btw gy ngapain "
kali ini aku jawab kedua-duanya.
" baik. lagi santai ajah "
" ehmmm btw photo profilemu ccantik loh "
" potonya ajah siy . aslinya ga "
" ooooo yaa . ya aku kan lom liat aslinya. jd yg aku coment photonya aja.
aku lom percaya klu km jelek -
lalu dia kirim gambar emotion tersenyum
lebar "
" serius deh klo foto di hp itu kan efek nya ada pencahayaan "
" seseorang melihat cantik itu, tidak semuanya sama. tergantung sapa yg
melihat n apa yg dilihat "
" iyah siy. -
aku kirim gambar emotion tersenyum lebar "
" santai ngapain aj nih "
" Ntn ajah bola " 
kalau di bbm bahasanya se-asalnya aja.. hehee
" mank ada acara bola. dmn "
" Di bein "
" oo enak tuh ada beinsport. disini ga ada . :) "
" Iyh "
" ehmmm suka bola sjk kpn km. krn cowokmu suka bola yaa.. "
" udh lma "
" kok bs suka bola.. jarang loh cewek suka bola "
" bnyk kali yg suka, ku suka bola dri sejak kuliah "
" oo lg nontn bola liga apa "
" club manchester sama bercelona "  a
ku menjawab tidak nyambung. aku kira dia tanya suka club apa saja. hehee tapi ternyata dia tidak mempermasalahkannya. dia langsung menjawab;
" km suka barcelona sm MU. kok sm ya sm aku. hehee "
" masa "
" iya n. pemain yg paling aku suka. messi "
" sama. -
dan aku kirim emotion tertawa terbahak-bahak. " dan - dia pun kirim emotion yg sama denganku .
" .......... "
" ........... "
-------------------
   
masih di BBM. Jam 22.39
" Hmm kok id-pen ga pasang foto "
" malu. jelek orangnya "
" yah gpp emang gt adanya -
emotion tertawa terbahak-bahak "
" hehehe ya ga pasang jg kan. ga ada yg ngelarang jg kan "
" Iy siy gpp "
" :) "
" :) "
" km disana tinggal sama spa "
" Ortu. km "
" aku ngekost sdiri "
" ohh. emang ortu dmn "
" Di bandung "
" owh udh merid dra "
" belumm. msh perjaka tinting hehehe "
" -
emotion tersenyum lebar, hmmmm "
" yup "
---------------------
jam 22.51
" Cerpen apa ? suka cerpen atw emng namanya gt "
" nama pena "
" pena apa "
" suka nulis cerpen di fb n blog. tdnya cuma iseng aja. tp cocok jg sih..
n biar gampang diingat aj. jd ID_PEN  hehee. nama aslinya sih cuma Indra
doank. ga ada nama panjangnya heheee .. "
" Nice name "
" thanks "
" semoga terkenal kaya IP-man "
" hehee mank ada ya "
" ada lah. dia master kungfu, dia gurunya bruce lee "
" hehee .. kok kungfu. ehmmm aku kira penulis cerpen hehee "
" Bukan hehee "
" ga nyambung donk "
" kan dia IP_man, km ID_pen. ya semoga terkenal sama, bidang yg beda "
" oo makasih dh. aamiin "
" :) "
" :) "
" :) "
" ehmm senyum2 trs. jd pengen liat aslinya senyumm "
" :) Ntr ajh ketemu klo udh aku kurusan yah -
emotion tertawa lebar "
" hahahahaa segitunya. mank apa bedanya "
" skrng lg gemuk banget. lg males ktemu org "
" gendutnya jg gpp. biar sm2 gendut hahaa "
" ga cocok aja aku udh pendek, gemuk lg hadehhhh "
" ya aku jg dh. ketemu km. nunggu aku jd ganteng dulu ya "
" iyah dh. hahahahaa "
" klu nunggu aku ganteng ya ga kan ketemu2 donk "
" hahahaha "
" hahahahah "

kami BBM-an sampai jam 23.36
ternyata dia sudah biasa nulis cerpen di Facebook dan di blog. aku pun di
beri alamat blognya dan nama Facebooknya. dan dia mengaku berkerja sebagai
OB (office boy) diperusahaannya.
---------------------

Menurutku. kalau dilihat dari photo dia di Badoo.com. orangnya manis dan terlihat dia orang baik-baik. pendiam. tapi aku tidak terlalu begitu percaya. karena dulu pun aku mengira mantan-mantaku itu juga baik. tapi nyatanya tidak juga.
semakin lama aku BBM_an dengan dia. aku merasa nyaman dengannya. terkadang dia pamitan padaku. bila dia ingin sholat. ehmm.. sepertinya dia rajin beribadah sholat. atau hanya mencari perhatian saja. supaya aku tertarik padanya.

Tidak hanya dia saja. yang sedang berteman dekat denganku. baik itu didunia maya. maupun didunia nyata. ada beberapa lelaki yang mencoba atau sedang mendekatiku. namun semuanya itu. aku masih ragu untuk memilih dan mencoba untuk mencintai salah satu dari mereka.
ada dua lelaki. yang aku merasa lebih nyaman, ketika aku sedang bercerita atau bicara dan bercanda dengan mereka.
Ferry. Dia adalah teman kerja dikantor-tempatku berkerja. dan satunya lagi adalah Indra. yang aku kenal hanya didunia maya saja. aku belum pernah bertemu dengan-nya.

Sejujurnya aku masih trauma untuk berhubungan dengan lelaki didunia maya, yang kurang begitu jelas. namun ketika ngobrol dengannya. aku merasa bahagia. dan aku bisa bersikap apa adanya. tidak pernah jaga image atau berpura-pura. karena dia selalu menerimaku apa adanya. meskipun aku pernah menjelek-jelekkan diriku sendiri. dia sepertinya tidak masalah dengan keadaanku itu. atau mungkin dia berpikir ya karena kami hanya berteman saja. tapi enatah kenapa ya, aku sering memikirkannya dan berharap dia menyukaiku.
----------

Dan Akhirnya. Perhatiannya selama ditempat kerjaku. Memang benar. Ferry mencintaiku. namun aku tidak langsung menerimanya. aku minta waktu untuk menjawabnya. karena aku harus mempertimbangkannya dengan baik. dan aku pun masih teringat dengan nama Indra.

Aku curhat dengan teman terdekatku. semua yang aku rasakan, aku curahkan semua pada teman dekatku itu. Temanku memberi saran padaku. lebih baik pilihlah orang yang kamu benar-benar suka. dan orang itu. orang yang sudah jelas latar belakangnya.
dari kata-kata temanku itu. sepertinya temanku itu, lebih memilih ferry. karena Ferry sudah jelas aku mengenalnya. aku sudah lama mengenal fery. aku sudah sedikit tahu tentang keluarganya. aku sudah tahu betul pekerjaannya seperti apa. dan selama ini, dia masih bersikap baik padaku. dan aku pun dulu pernah suka padanya. tapi aku masih merasakan, aku tidak ingin kehilangan Indra. yang asyik untuk diajak ngobrol.

Jujur. bila berkomunikasi. aku lebih memilih Indra. Dia sepertinya tahu betul tentang jalan pikiranku. Dia tahu betul cara membuatku tertawa, atau membuatku senang. meskipun hanya dengan kata-katanya. namun ketika aku sedang suntuk atau bete. dia bisa membuatku ceria. dan menghilangkan rasa bete itu atau ketika aku sedang lelah dan tidak bersemangat. dia bisa membuatku lebih semangat lagi.

Namun aku tidak begitu tertarik dengan pekerjaannya itu. dan mungkin bila aku cerita pada orangtuaku. orangtuaku pasti berteriak dan tidak setuju.
Ya aku bercerita tentang ferry pada orangtuaku. Orangtuaku sangat setuju sekali. asalkan segera menikah.

Memang Ferry terlihat lebih dewasa dari Indra. namun bila ditanya, siapa yang lebih sering membuatku senang tertawa lepas. ya aku pilih Indra. tapi hanya itu saja, tidak cukup untuk berkeluarga.
Apalagi aku melihat keluargaku yang cukup berada. Hanya Ferry yang bisa memenuhi keinginan hidupku dan hidup keluargaku yang sudah aku jalani sebelumnya.
-----------------

Jadi aku putuskan. Aku memilih Ferry dan menikah dengan-nya. tapi aku tidak ingin kehilangan Indra sebagai teman bicaraku.
Sebelum aku memberitahu Indra. kalau aku akan menikah dengan ferry. rasanya aku ingin sekali bertemu dengan Indra. 
" Dra. mau ga kita ketemuan.. "
" aku belum ganteng lohh... dan belum kaya .. "
" ehmmm aku jg belum kurus tuh.. aku masih gendut.. "
" hehehe .. "
" serius dra, mau ga ? "
" ehmm nanti aja deh kalau aku sudh ganteng dan kaya. aku mau dech .. "
" yeeee mau kapan kalau gitu .. "
" aku ga PD untuk ketemu kamu .. "
" ga PD kenapa.. "
" ya kamu tau sendiri. aku ini kan jelek dan nanti aku ga bisa traktir
kamu makan dech.. "
" ehmmmm gitu ya .. "
" iya cantik nduttttt .. "
" heheee ya udah kalau karena itu. aku yang traktir dech. mau ngga ? "
" ga mau juga hehehee .. "
" kenapa masih ga mau .. ? "
" malu lah ditraktir sama cewek .. "
" atau jangan-jangan kamu bener-bener ga mau ketemuan ya sama aku .. "
" bukannya begitu. aku bener-bener ga PD tau ... "
" ya sudah dh klu km bener2 belum mau ketemuann.. "
" jangan marah ya... aku pengen sih ketemuan sm km. tapi lom waktunya dh "
" oke klu itu mau km .." 


 Ya karena alasan itu. aku tidak jadi untuk memberitahunya. dan aku masih menyembunyikannya. dia tidak tahu kalau aku sudah punya pacar dan ingin menikah dengan ferry.
kami masih BBM-an dan masih berkomunikasi seperti biasanya. bercerita dan bercanda. terkadang kata-kata manis pun keluar begitu saja.  baik itu dariku maupun dari dia. dan Ferry masih belum tahu kalau aku punya teman yang bernama Indra.
---------

Hingga aku menikah dengan Ferry. aku pun belum memberitahu Indra. dan Indra pun tidak pernah bertanya tentang aku- sudah punya pacar atau belum ? . Mungkin dia masih berpikir aku masih menjomblo. dan aku pula tidak pernah bertanya tentang hal itu pada dia.

Dan tibalah waktunya. ketika dia ingin bertemu denganku. aku mulai bingung. dan harus dari mana aku me-mulai bercerita tentang pernikahanku dengan ferry. aku takut mengecewakan dia. karena pertemanan kami. sepertinya bukan teman biasa saja. kami sudah seperti sepasang kekasih tanpa setatus kekasih. saling perhatian. saling memuji. dan saling memberi kata-kata manis atau bahkan kata-kata sayang.

Mengapa dia ingin bertemu denganku. mengapa dia sekarang berani untuk bertemu denganku. mungkin ini salahku. dan mungkin juga karena menurut dia- sepertinya aku bisa menerima dia apa adanya. dan itu yang bisa membuat dia percaya diri untuk bertemu denganku. dia pikir. kami saling mengerti dan saling suka. bahkan mungkin pula. menurut dia. kami saling mencintai.

Setelah lama aku diamkan, pertanyaan dia yang dia kirim padaku. akhirnya mau tidak mau, aku harus menjelaskan pada dia. mungkin ini sudah waktunya.
aku harus jujur padanya. karena aku pun tidak ingin menyembunyikan lagi hubunganku dengan indra pada suamiku..
" Dra.. sebelumnya aku minta maaf ya "
" minta maaf ?, mang kamu salah apa ? "
" sebenarnya aku sudah menikah "
" apa. km becanda ya "
" ga dra. aku serius "
" sejk kpn km sdh menikah "
" dua bulan yang lalu dra "
" pantas sj, km sedikit berubah ya. knp km ga kasih tahu aku "
" ga enak aj sm km, aku takut km kecewa sm aku dan km ga mau BBM-an lg sm
aku "
" lah.. kecewa knp. mank aku siapa "
" ya aku takut aj. krn aku sudah menikah, km ga mau chat lg sm aku "
" ya ga lah .. ya mungkin klu aku tau km sudah menikah. mungkin aku pun
akan bersikap biasa. tdk sampai seperti sekrng ini "
" maafin aku ya dra. aku masih ingin berteman sm km "
" iya aku maafin km.. "
" makasih ya dra .. "
" sm2 "
" .... '
" .... " 


Sejak dia tahu aku sudah menikah. dia mulai sedikit cuek. pesan-pesannya selalu singkat. tidak seperti biasanya. wajar bila dia seperti itu. mungkin saja dia kecewa padaku yang sudah bohongi dia. dan mungkin pula dia menghormatiku sebagai perempuan yang sudah memiliki suami.

Kami BBM_an hanya tanya kabar dan jawab seadanya saja. dan dulu kami BBM-an bisa sampai ber-jam-jam. sekarang, Kami BBM_an paling lama hanya dua menit saja.
-------------

Meskipun aku belum pernah bertemu dengan indra. terkadang aku merindukan kata-kata yang pernah dia berikan padaku.

Tapi memang aku harus melupakannya sebisa mungkin. karena aku sudah memiliki suami yang aku cinta.

Maafkan aku, Indra. aku telah membohongimu dan memberi harapan padamu.

Maafkan aku, suamiku. aku telah menyembunyikan pertemananku dengan indra.
 
------------

Awalnya Laut itu Cinta. Akhirnya Cinta itu- Teman ditempat kerjaku. dan Bukan pula. Cinta itu, Penulis Cerpen. Namun dia adalah teman baikku.
-----------

Selesai ........


--------------------
Penulis
I'Pen (Idrus Cerpen)
  


  
     
   




     
 

  






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar