Selasa, 23 Desember 2014

" Buku Rahasia Kehidupan "

cerita ini ada. karena masa laluku. dimasa aku sedang memiliki penyakit kanker otak. Aku berkerja sebagai Programmer..

Penyakitku ini sudah lama ada dikepalaku. sekitar kurang lebih satu tahun. berawal dari Tumor. tapi meskipun pernah dioperasi. tapi dalam beberapa bulan. tumor itu tumbuh berkembang biak. dan beberapa bulan kemudian. menjadi-lah Kanker . 

Setiap hari aku berkerja. selalu ditemani rasa sakit dikepala. setahun aku masih bisa bertahan dengan penyakitku ini. tapi beberapa bulam kemudian. aku merasa sudah tidak sanggup lagi. rasa-nya ingin sekali melakukan bunuh diri saja.

dengan rasa sakit yang luar biasa dikepalaku. tengah malam aku terbangun. dengan ruanganku yang gelap. karena setiap tidur aku selalu mematikan lampu. dimeja kerja-ku. tempat aku berkerja. Aku melihat sedikit cahaya putih cerah. naik keatas langit-langit. dengan penasaran-nya aku menghampiri cahaya itu. disaat tanganku-jari-jemariku ingin meraih cahaya itu. tiba-tiba cahaya itu menghilang begitu saja.

dari manakah datang-nya cahaya itu. aku hidupkan lampu kamarku. darimana cahaya itu berada. ternyata dari buku. yang ada diatas meja tempatku berkerja. di cover buku-nya tertulis " Rahasia Kehidupan " .

Setahuku. aku merasa belum pernah membeli buku itu. aku ga tau dari mana datangnya buku itu. atau mungkin aku lupa. atau temanku yang memberikan buku itu. seingatku tidak pernah mempunyai buku seperti itu. buku tebal sekitar 10cm, panjang 20cm, dan lebar 15cm. 

Malam itu juga. aku membuka buku itu. yang awalnya hanya ingin tahu saja apa yang ada didalam buku itu. dengan penasaran aku membaca buku itu sedikit demi sedikit. karena pesan yang disampaikan oleh buku itu sangat menarik buatku. aku terus membacanya dan mencoba untuk memahaminya. semakin lama membacanya, semakin pula aku penasaran tentang cerita yang disampaikan buku itu. hingga tidak terasa sampai Adzan Subuh berkumandang. 

======


Semangat untuk hidup. kembali hadir di pikiranku. Apa yang tertulis dibuku itu. aku sangat tertarik dengan isinya. yang membuatku tumbuh semangat untuk menjalani hidupku bersama penyakitku ini. 

Perlahan-lahan aku mengikuti pesan didalam buku itu. dalam sebulan, Alhamdulillah rasa sakit sedikit berkurang.

Setelah itu. aku bisa sedikit melupakan penyakitku. hidupku seakan-akan tidak memiliki panyakit. rasa sakit pun, aku terus mencoba untuk melupakan-nya. meskipun rasa sakit itu masih ada dikepalaku.

aku lebih sering menonton acara-acara di TV atau film yang bisa membuatku tertawa lepas. membaca buku pun, aku lebih sering lebih mencari atau membaca yang bisa membuatku tertawa.

hanya untuk melupakan penyakitku. aku bersenang-senang seolah-olah aku sehat. aku berpura-pura tidak memiliki penyakit. aku akan selalu melakukan apa yang biasa orang lakukan. karena aku percaya dan merasa yakin. penyakitku akan sembuh dan aku akan sehat kembali seperti semula.

aku terus mencoba, cara berpikirku yang sehat. aku menghindar makanan-makanan yang menurut pikiranku tidak sehat. dan aku me-makan makanan yang menurut pikiranku sehat.

tidak hanya itu saja. aku pun menjalankan ibadah yang sudah jarang aku lakukan. baik wajib maupun sunnah-sunnah-nya.

yang sebelumnya aku tidak pernah bersedekah/beramal. tapi setelah membaca buku itu. aku lebih sering bersedekah/beramal. baik dijalan ketika aku pergi kekantor, maupun disaat aku pergi sholat berjamaah dimasjid. 

dan perubahan itu. menjadi kebiasaanku. aku merasa hidupku lebih tenang. lebih indah. dan rasa sakit dikepalaku semakin berkurang. karena Efeknya benar-benar terjadi. aku terus untuk memperbaiki diri. mengingat-ngingat keburukan yang pernah aku lakukan. dan segera memperbaikinya. 

=====
teman-teman kantor melihatku. mereka merasa aneh terhadap sikapku. aku seperti orang lain. yang tidak biasa aku lakukan dikantor, aku melakukannya. dan perubahanku itu membuat teman-teman dikantorku mulai bersikap lebih baik. aku merasa lebih di hormati. aku merasa diistimewakan.

Setahun sudah dengan perubahanku ini. rasa sakit dikepala sudah tidak terasa lagi. aku pun pergi untuk memastikan penyakitku-perkembangan penyakitku ini. dan jawaban dokter. aku sudah dipastikan. bahwa aku sudah tidak memiliki penyakit kanker lagi. Subhanalllah .. Ini adalah Keajaiban Tuhan.

Tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Itu-lah salah satu pesan yang tertulis di Buku itu.

=====


Setelah sampai Rumah. Aku ingin melihat lagi buku itu. tapi Buku itu sudah menghilang. Entah kemana. Sekarang pun aku masih bertanya-tanya. dari mana Asal buku itu ? .

Kini kehidupan sehari-hariku dipenuhi dengan rasa syukur. Selalu menerima apa yang sudah aku miliki. dan berbagi. pada yang membutuhkan-nya.

Beribadah, berbagi-baik ilmu maupun materi . Ini adalah Rasa terimakasihku pada Tuhan. Tuhan Yang menciptakanku, yang mengijinkan untuk memiliki penyakitku itu dan Tuhan pula yang Menyembuhkanku.

Kini Aku sudah merasakan hidup yang lebih nikmat. tidak ada beban atau pun hartaku berkurang. sebaliknya. aku semakin Mapan. Dan hidupku menjadi lebih baik.

Semoga cerita singkatku ini. menjadi bagian penyemangat untuk orang yang sedang sakit maupun untuk orang yang sehat. Amin



Selesai .....

Penulis
I'Pen (Idrus Cerpen)





  





  




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar