Senin, 24 November 2014

" Bos Dulu VS Tuhan Dulu "



    Ketika aku percaya pada Bos. Berkerja pada Bos. aku harus mengikuti peraturan yang telah dibuat oleh perusahaannya. dari cara berpakaiannya. dari cara kerjanya. Bos akan melihat dan memperhatikan karyawannya. bagaimana penampilanku didalam kantor. sudah rapihkah, sudah bersihkah atau sudah pantaskah aku berkerja diperusahaannya. dan selain itu. bagaimana cara aku berkerja. disiplinkah ? . kerja keras kah ? . atau ada hasilnya kah, aku berkerja diperusahaannya ? . 

    Semua yang aku lakukan atau aku kerjakan di perusahaannya, pasti ada balasannya. bila aku berkerja dengan baik. sesuai dengan keinginan Bos. sesuai dengan peraturan diperusahaannya. pasti hasilnya pun akan baik pula. Mungkin Bos akan memberikanku hadiah atau naik jabatan, atau pula mungkin naik gaji. Begitu juga sebaliknya. bila aku sering melanggar peraturan yang sudah ditentukan oleh perusahaannya. atau cara kerjaku tidak sesuai dengan keinginan Bos. Mungkin Bos akan menegurku. memarahiku. atau bisa jadi. aku akan dipecat dari perusahaannya.


    Bos tidak akan bisa melihat cara kerjaku setiap hari. atau selama aku dikantor. bos belum tentu bisa memperhatikanku sepenuhnya. bisa jadi ketika aku rajin berkerja. disaat itu bos tidak ada. dan disaat aku sedang tidak berkerja. Bos sedang memperhatikanku. disini akan terjadi kesalahpahaman. bos akan berpikir bahwa aku ini pemalas, atau tidak disiplin.

    Dan bisa saja. bagi karyawan yang malas sehari-harinya. bila bos melihat disaat dia sedang berkerja.  mungkin juga bos akan berpikir- dia adalah pekerja keras dan rajin berkerja. ini adalah letak keadilan Bos. karna karyawan tidak semua mempunyai sifat yang sama. ada yang benar-benar tulus berbakti pada bos. dan ada pula yang cari muka. alias cari perhatian. dengan cara berpura-pura berkerja. ketika bos tidak ada- langsung bermain game.dll ehmm... ? .

    Bos adalah manusia. jadi tidak semua sifat bos itu sama. ada yang dibilang bos baik. ada pula bos yang pelit. atau ada juga bos pemarah- dikit-dikit marah. mungkin masih terlihat menguntungkan bila berkerja diperusahan Bos yang baik. kerja kerasku akan diperhatikan. dan akan mendapatkan hasilnya. bisa dapat bonus. bisa naik jabatan. atau naik gaji. tapi bagaimana bila aku berkerja diperusahaan bos yang pelit dan pemarah. selama aku berkerja. meskipun aku mengikuti peraturannya. kerja kerasku. belum tentu ada hasilnya. rejekiku mungkin akan begitu-begitu aja. dan dengan sifat bosku itu. pasti bebanku akan semakin bertambah.

    Selama percaya pada Bos. meskipun mengikuti peraturannya. Rejekiku hanya datang dari dia saja. dan belum tentu berkah. tergantung cara bos berkerja atau membuat peraturan diperusahaannya. ada perusahaan maju dengan cara jujur. ada pula perusahaan maju dengan cara kotor atau berbohong / curang. mendapatkan keadilan dari bos. hanya bisa terlihat dari cara bos memandangku. cara bos memperhatikanku. dan bos tidak selamanya memperhatikanku. tidak akan tahu semua, apa yang pernah aku kerjakan atau yang pernah aku lakukan terhadap perusahaannya.


============

    Bagaimana bila aku percaya pada Tuhan. caranya ya tidak jauh sama. hanya hasilnya berbeda. dan lebih adil. Karena Tuhan Maha melihat. dia akan lebih tahu apa yang sedang aku lakukan dan apa yang telah aku lakukan. dia tahu segalanya. dan balasannya pun akan sesuai dengan apa yang pernah kita lakukan. Karena Tuhan Maha Adil dan Maha Pengasih.

    Seperti aku percaya pada Bos. sebelum mendapatkan gaji / Rezeki. aku harus berkerja dan mengikuti peraturan terlebih dahulu. Pada Tuhan pun Hampir sama. Sebelum aku mendapatkan Rezeki,  aku harus berikhtiar dan mengikuti peraturan Tuhan. Sesungguhnya. bila kita hanya mengikuti peraturan-Nya saja(Tuhan). Rezeki akan datang dengan sendirinya. Karna Tuhan Maha Baik. Maha Pengasih dan Maha Penyayang. terutama pada Umatnya yang mengikuti peraturan-Nya(Tuhan). Hanya saja bila aku berikhtiar-itu akan lebih baik. dan Rezeki pun akan semakin bertambah.  Karena Tuhan mencintai Umatnya yang berusaha/berikhtiar.

    Peraturan Tuhan seperti apa ?. Sebagai Umat Islam. Peraturan yang ada Didalam kitab suci Alquran. Mengikuti perintah-Nya dan Menjauhi larangan-Nya. Harus mulai darimana.. ?.

    Terutama dari penampilan. caraku berpakain. tidak mungkin aku berkerja sebagai Accounting, didalam kantor dengan berpakaian Renang. apa yang akan terjadi. apakah Bosku akan menyukainya. atau akan mentertawakanku. atau menegurku dan memarahiku. bila aku terus berpakaian seperti itu. bosku pasti akan memecatku dari perusahaannya.

    Berpenampilan seperti apakah sebagai muslimah yang baik. yang bisa mengikuti peraturan Tuhan. dan Hingga Tuhan Menyukainya. pakaian yang bisa menutup auratnya. ya berhijab yang baik. bukan dengan pakaian yang ketat. yang memperlihatkan lekuk tubuhnya.

    Setelah berpenampilan sesuai dengan yang Tuhan Suka. selanjutnya beribadah. melakukan sesutu hal yang diwajibkan Tuhan. Misalnya Sholat lima waktu. dan ingin lebih dipuji lagi oleh Tuhan. aku harus melakukan sunnah-sunnah yang sudah ditentukan oleh Tuhan. tidak lupa pula menghindar atau menjauh dari larangan Tuhan. Sesuatu hal yang tidak baik dimata Tuhan.

    Tuhan Tidak akan pernah tidur. Tuhan akan selalu mendampingiku. selalu memperhatikanku. Rezekiku akan tergantung pada Tuhan. akan tergantung pada caraku berikhtiar dan beribadah. bila aku melakukan sesuatu yang baik. Tuhan akan membalasnya dengan yang lebih baik lagi.

    Apakah Benar semua itu terjadi..? . kalau begitu, Bos dulu atau kah Tuhan Dulu ? .


===========

    Dari cerita diatas. jika itu benar terjadi. aku akan memilih Tuhan Dulu. Karena Tuhan akan lebih Adil. Dibandingkan dengan Bos.

    Aku bercermin diri. sudah pantaskah aku. bahwa aku percaya pada Tuhan. mengingat masa-masa sebelumnya. sepertinya aku belum pantas bila aku percaya pada Tuhan. aku belum bisa sepenuhnya mengikuti aturan Tuhan. apa yang diperintahkan Tuhan dan apa yang dilarang Tuhan.

    Pantas saja hidupku tidak sebaik apa yang Tuhan janjikan. Bahwa yang baik. akan mendapatkan yang baik pula. ya aku sepertinya belum termasuk orang yang baik. baik dimata Tuhan. jangankan Ibadah. cara berpenampilanku saja. masih terbuka. aurat terlihat kemana-mana. dan bergaul bebas. bersama pacar. berpegangan tangan yang bukan mukhrimnya. benar juga. Tuhan Maha Adil.

    Aku harus bisa merubah hidupku. hidup yang terbaik dari yang terbaik adalah hidup dijalan Tuhan. ada keadilan. ada yang mengasihi. ada yang menyayangi. ada pula yang memberikan kebaikan. itu semua bukan bersifat sementara. Percaya pada Tuhan. Kebahagiaan untuk selamanya. jangan hanya percaya saja. tapi lakukan. bila tidak ada action. hanya percaya saja. sama saja aku berbohong pada Tuhan.

Kebahagiaan Abadi- Percaya pada Tuhan. Dan lakukan. apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Tuhan. 

Yuk Sama-sama Memperbaiki kekurangan kita dimata Tuhan. semoga bisa dan pasti bisa. Semangat semangat semangat . Amin.




Penulis
I'Pen (Idrus Cerpen)







   

 



 


 
        

 
 









  

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar