Sabtu, 27 September 2014

" Hanya Tuhan Yang Tahu dan Maha Tahu dari Segala-Nya "

" Hanya Tuhan Yang Tahu dan Maha Tahu dari Segala-Nya"

jam dua belas siang. aku yang sedang browsing internet ditempat kerjaku. 

' nurrrrr... '  desy--teman kantorku yang paling dekat. membuatku terkejut. menepuk punggungku dari belakang dan menegurku dengan nada suara yang keras.
' dess.. kaget tau.. ' dia malah ketawa-ketiwi .
' makan yukk.. '
' bentar ya ..,  tanggung nih .. '

===

rumah makan sederhana.

' dess..., kamu sering makan disini ya ..? '
' iya.., ini langgananku tau .., enak-kan masakan-nya ? '
' iya dess .. enak juga nih .. '

setelah selesai makan.

' apa kabar bu .. ? ' desy menyapa ibu yang tadi melayaniku makan. sepertinya mereka sudah saling kenal.
' alhamdulillah baik ' dengan senyuman yang senang, ' mba sendiri gimana kabarnya ? ' .
' alhamdulillah sehat bu .., sendirian aja bu, kemana nih karyawan-nya.. ? '
' gi keluar antar pesanan.. '
' ooo ..., bu..., jadi semuanya berapa nih .. ? '
' ehmm ... semuanya .... enam puluh enam ribu lima ratus . '
' ini bu .. kembaliannya ambil aja bu.. ' desy memberikan uang tujuh puluh ribu .
' makasih mba ..'
' sama-sama bu .. '

+++

didalam kantor.
' nur .. sholat yuk .. '
' yukk .... ' 

===

desy . teman kantorku yang paling dekat diantara yang lain-nya.
dia lebih sering mentraktirku makan, dibandingkan denganku sendiri. dan dia pun sering mengajakku untuk sholat, aku yang suka lupa waktu.

yang aku lihat. dia bersikap baik pada semua orang yang dikenal-nya. orang yang baru dikenal aja, dia  cepat akrab. seperti teman yang sudah lama kenal.

===

hari rabu . jam sembilan pagi.
karena ruang kerjaku terasa sangat sepi . aku BBM desy .

' des.. lg dimn km '
' msh dibus.. '
' sepi bgt nih ga ada km '
' mau rame nur, dengerin musik aj yg kenceng.. hehee '
' bosan tau '
' .....................' lama dia ga balas pesanku.
' hati-hati ya des.. ' aku mengirim pesan lagi

===

sekitar jam sepuluh lebih. belum ada kabar dari-nya. aku mencoba telepon dia. dan jawabannya hanya ada suara ' nomor yang anda hubungi sedang tidak aktif atau di luar service area ' .

saat itu juga. perasaanku mulai terusik. sesuatu perasaan yang tidak menyenangkan. aku mulai tidak konsen lagi untuk bekerja. pekerjaanku yang masih banyak.

beberapa jam kemudian. aku mencoba lagi untuk telepon dia. tapi jawabannya masih sama. ' nomor yang anda hubungi sedang tidak aktif atau di luar service area ' .

===

sore-nya sekitar jam tiga. aku dapat kabar dari operator telepon dikantorku. temanku-desy. meninggal dunia dan dia sudah berada dirumah orang tua-nya .

mendengar kabar itu. aku sangat terkejut sekali. aku tidak menyangka, tidak percaya. aku masih merasakan hari itu seperti aku sedang bermimpi . tapi itu bukan mimpi . itu nyata. yang bisa membuatku meneteskan air mata begitu saja.

===

pulang dari tempat kerjaku. aku tidak pulang kerumahku. tapi aku langsung menuju ke rumah desy. dan malam itu . aku menginap dirumah-nya.

===

setelah orang tua-nya, saudara-saudara-nya bercerita . desy meninggal karena bus yang ditumpangi-nya bertabrakan dengan mobil tronton. hingga bus yang di tumpangi-nya terguling. tidak hanya dia, ada seorang bapak tua dan anak kecil yang meninggal pula dan banyak juga orang yang luka berat.

===


dalam beberapa minggu. aku masih bertanya-tanya pada hatiku sendiri.

kenapa harus dia ?. kenapa dia meninggal harus dengan cara kecelakaan yang tragis ? .
yang aku tahu, temanku itu baik hati. rajin sholat. sepertinya tidak pantas dia meninggal dengan cara itu. bukan-nya tuhan itu adil. yang baik akan mendapatkan yang baik pula. yang buruk akan mendapatkan yang buruk pula.

didalam do'a-ku. aku pernah bertanya pada Tuhan.
mengapa orang sebaik desy. meninggal dengan cara seperti itu. itu sangat tidak masuk akal bagiku. dan sangat tidak adil. bila itu yang terbaik untuk-nya dan untuk-Mu Tuhan. tunjukan padaku. alasan-nya apa ? .

===

akhir-nya. yang membuatku hatiku resah dan yang mengganggu tidurku. terjawab sudah.

setelah beberapa bulan.
tanpa sengaja. tanpa mencari kebenaran-nya. aku mendapatkan informasi dari orang-tuanya, saudara-saudaranya maupun teman-teman-nya.
kebaikan dan ibadah-nya yang aku kenal. ternyata lebih banyak hal yang buruk yang belum aku kenal.
tapi maaf aku tidak bisa menceritakan hal-hal yang buruk yang dibuat oleh-nya. karena aku masih menganggap dia. adalah teman dekatku. teman baikku.


===

maafkan aku Tuhan. aku sudah berburuk sangka padaMu.
hanya Tuhan yang tahu dan Maha tahu dari segalanya.

untuk desy. temanku yang baik.
kebaikanmu dan ibadahmu yang aku lihat maupun yang belum terlihat.
semoga dapat mengurangi dosa-dosamu.
dan semoga Tuhan bisa memaafkan semua kesalahanmu.
Amin ya Rabbal Alamin .

===


Selesai ..


Penulis
I'PEN (Idrus Cerpen)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar